Sabtu, 19 Februari 2011

Jenis dan Karateristik E-Comerce

Jenis transaksi e-commerce memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis transaksi perdagangan biasa yang dilakukan secara konvensional, yaitu :



Transaksi tanpa batas

Pada masa sebelum orang mengenal internet, sebuah perusahaan kecil seperti home industri apalagi usaha perorangan sangat sulit untuk menembus pasar dunia bahkan perdagangan antar daerah sekalipun. Dewasa ini, dengan lahirnya internet keterbatasan berusaha karena faktor geografis sudah bukan masalah lagi. Siapapun bisa "go internasional" hanya dengan membuat sebuah web atau memasang iklan online pada situs-situs internet.



Transaksi anonim

Transaksi yang dimaksud adalah sebuah transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli atau pelaku bisnis tanpa harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan identitas detail sepanjang mengenai pembayaran nya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan seperti menggunakan kartu kredit, paypall atau sistem pembayaran elektronik lainnya ( e-currency)



Produk digital dan non-digital

Produk yang diperdagangkan terdiri dari barang dan jasa (layanan). Untuk produk berupa barang bisa saja berupa barang dalam bentuk digital maupun non-digital. Software, musik, video dan e-book merupakan produk digital yang biasa diperdagangkan di internet. Produk ini biasanya dilakukan dengan cara mengunduh langsung (download) atau dikirim dalam bentuk barang melalui sebuah jasa pengiriman (kurir). Pembayaran dilakukan dengan cara transaksi elektronik.



Produk barang tak berwujudBanyak perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce dengan menawaran barang tak berwujud seperti data, perangkat lunak, ide, konsultasi atau jenis layanan berupa jasa lainnya di internet. Banyak aktivitas bisnis yang semakin dinamis dan global telah membentuk sebuah masyarakat baru yang dinamakan komunitas bisnis elektronik (electronic bussines community). Komunitas ini memanfaatkan internet sebagai ajang bertemu, berdiskusi/ komunikasi baik dalam kaitan bisnis maupun kegiatan-kegiatan keseharian lainnya.